Jumat, 23 Oktober 2009

bentuk kekuasaan menurut french dan reven

Bentuk kekuasaan menurut french n’ reven

 Kekuasaan paksaan : kekuasaan atas adanya rasa takut yang berlebihal karena adanya suatu paksaan yang mau tidak mau harus di lakukan atau di patuhi .
Contohnya :
Waktu itu saya lagi naik metromini , ketika berhenti di buaran ada sekelompok anak muda pakaian dan tampangnya menyeramkan . pertama-tama mereka hanya mengamen lalu setelah mengamennya selesai salah satu dari merekamemintakan upah setelah bernyanyi . di sebelah saya ada seorang wanita muda yang ketika iyu tidak mau memberikan uangnya , lalu pengamen tersebut dengan nada memaksa tetap meminta sumbangannya namun wanita itu tetap saja tidak mau memberikan uangnya. Dan akhirnya mereka pun kehilangan kesabaran lalu mulai lah mereka berbuat tindak kejahatan dengan menodongkan sebuah pisau lipat dari kantongnya . seketika semua penumpang di bus tersebut ketakutan dan mreka pun mau tidak mau harus menyerahkan barang berharga yang mereka punya karena kalau tidak mereka mengancam pisau tersebut akan menancap di perut para penumpang .

 Kekuasaan imbalan : yaitu suatu pematuhan yang berdasarkan yang di capai untuk membagikan imbalan yang di pandang oleh orang lain yang berharga , misalkan memberikan sesuatu yang positif .
Contohnya :
Waktu itu saya membantu ayah saya di kantornya , ketika pekerjaan yang saya kerjakan selesai dan lalu di periksa oleh ayah saya . kemudian saya makan siang karena sudah waktunya makan siang . lalu setelah jam makan siang selesai saya langsung di berikan upah oleh ayah saya sebagai pengganti karena saya telah membantu pekerjaannya .



 Kekuasaan : adalah kekuasaan yang di terima dari hasil , yang masuk ke dalam struktur organisasi yang formal memasukan sub yang formal .
Contohnya :
Ayah saya berkerja di salah satu instansi pemerintah . beliau selalu bekerja dengan sungguh-sunnguh dan tepat waktu . beliau mempunyai jabatan yang cukup baik . setiap bulan beliau menerima gaji karena hasil kerjanya setiap bulan .

 Kekuasaan pakar : adalah suatu keahlian atau pengalaman di suatu bidang tertentu yang bisa menghasilkan suatu penghasilan dan bisa berkuasa di bidang yang dia tekuni .
Contohnya :
Tante saya adalah seorang penjahit . ia menambahkan penghasilan sehari-harinya dengan menggunakan keahliannya itu dan beliau bisa berkuasa atas keahliannya itu terhadap pegawai-pegawainya .

 Kekuasaan rujukan : pebgaruh yang di sadarkan pada pemikiran sumber daya atau ciri pribadi yang di inginkan oleh seseorang .
Contonya :
Atasan ayah saya adalah seorang pemimpin yang mempunyai tingkat kharisma tinggi , sehingga ia di pandang berkuasa dengan kharismanya . beliau berjiwa pemimpin dan berbudi luhur . sehingga bpara bawahannya sangat patuh dan menghargai beliau .beliau sangat menghargai pendapat bawhannya dan bersahabat walaupun beliau adalah seorang atasan yang berkuasa .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar